Waspada dan Kenali Tanda-Tanda Diare oleh - remix-lab.com

Halo sahabat selamat datang di website remix-lab.com, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Waspada dan Kenali Tanda-Tanda Diare oleh - remix-lab.com, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Diare tidak bisa dianggap remeh. Mengenali tanda-tanda diare sangat diperlukan, karena jika tidak ditangani dengan benar, kehilangan cairan (dehidrasi) pasca diare bisa berakibat fatal. Bahkan pada bayi, diare bisa menyebabkan kematian. Karena itu penting sekali bagi penderita diare menjaga cairan tubuh tetap stabil.

Dokter Umum Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Putri Yuliani mngatakan mengganti cairan tubuh yang telah hilang saat diare menjadi hal utama yang harus dipahami oleh penderita. “Mengingat diare pasti akan berdampak pada hilangnya cairan tubuh yang ditandai dengan bibir kering, sulit makan dan minum, mata cekung dan lainnya, “ kata dr. Putri.

Diare bisa diartikan kondisi encernya feses dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering, misalnya lebih dari tiga kali dalam sehari. Diare juga dibagi menjadi tiga sesuai dengan frekuensi waktu derita. Diare yang muncul kurang dari 14 hari, disebut diare akut.  Selama 14 hari lebih disebut  diare persisen dan lebih dari 1 bulan disebut diare kronis.

Diare disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit. Sebagian besar parasit tersebar di air. Air yang terkontaminasi biasanya terjadi akibat hygiene dan sanitasi yang kurang baik. “Jadi agen penyakitnya tidak hanya dari tangan dan makanan yang kurang bersih, namun bisa dari air cuci tangan juga” ujar dr. Putri.

Dehidrasi berat juga berdampak pada sistem kerja organ lain seperti ginjal dan otak. “Komplikasi ini terjadi karena kurangnya suplai cairan dan nutrisi”, ucapnya. Apabila dehidrasi yang dialami tergolong dehidrasi berat karena disertai dengan muntah-muntah, maka risiko kematian dapat mengancam penderitanya.

Bagi penderita diare ringan sebaiknya menghindari konsumsi santan, makanan pedas dan asam, serta makanan yang mengandung protein tinggi. Jika diare tidak kunjung berkurang, segeralah kedokter untuk mendapatkan tindakan selanjutnya.

Pencegahan Diare :

  • Mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan.
  • Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan dan tidak minum air keran.
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang.
  • Memasak makanan hingga matang.

Tanda Dehidrasi pada Penderita Diare

  • Kulit dan bibir kering
  • Mata cekung
  • Muntah dan tidak nafsu makan
  • Cenderung mengantuk

Makanan yang Bisa Mengurangi Diare

  • Minum yogurt, oralit atau campuran air gula dan garam
  • Konsumsi buah pisang dan apel
  • Roti, nasi dan sereal

 

Narasumber : dr. Putri Yuliani

Dokter Umum RS Awal Bros Batam

Itulah tadi informasi dari slot online indonesia mengenai Waspada dan Kenali Tanda-Tanda Diare oleh - remix-lab.com dan sekianlah artikel dari kami remix-lab.com, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments